Ragam Pamor Keris
Penampilan tangguh keris dari gaya zaman dan daerah
tertentu, selain diteliti dari penampilan langgam ricikan dan pasikutan-nya,
juga dapat dicirikan dari tampilan pamor pada bilah kerisnya. Belum ada yang
dapat memastikan bagaimana awal mula pamor secara gamblang. Kata pamor yang
berarti sebuah percampuran, dari suku kata wor dakam bahasa Jawa yang artinya
campur. Yaitu penempaan besi, baja dan logam dengan kandungan nikel atau bahan
campuran lainnya secara bersamaan hingga menyatu. Kata dasar wor mendapat nasal
(am-/an-) pembentuk kata kerja menjadi amor, lalu mendapat awalan pa- sebagai
pembentuk kata benda, menjadi kata pamor.
Pada awalnya lapisan pamor nikel itu menjadi tak tampak
setelah proses penempaan. Senjata tersebut kemudian diasamkan dengan senyawa
asam arsenik sehingga bahan-bahan logam selain nikel akan terkikis meninggalkan
lapisan nikel yang akan membentuk kontur atau relief yang timbul pada senjata
tersebut. Keris di daerah lain di Nusantara dibuat dengan teknik yang sama,
tapi menggunakan bahan logam dengan kandungan nikel yang lebih sedikit. Dari
nikel yang membentuk relief itulah muncul pamor dari keris seperti yang dikenal
sekarang ini. Ketika teknik tersebut memunculkan pamor dengan motif-motif yang
berbeda, maka para empu pembuat keris kemudian melakukan pengerjaan pamor
secara rahasia. Kemudian, sistem pamor (tosan aji) juga diterapkan pada senjata
pusaka lainnya, bahkan hingga ke seluruh Nusantara, seperti pada pedang,
tombak, kujang, badik, rencong, dll.
Perkembangan selanjutnya, pamor lalu dirancang sesuai
dengan motif pamor yang akan dimunculkan. Tergantung dari penghitungan
komposisi dan teknik penempaan yang berbeda pula dari setiap jenis pamor.
Karena tingkat kesulitan inilah pamor akhirnya menjadi sebuah identitas bagi
para empu. Dalam lingkup yang lebih luas, keris dengan pamor-nya yang merupakan
pembeda keris dengan senjata lainnya menjadi identitas budaya bernilai seni dan
filosofi yang tinggi menjadi menjelma penanda suatu kebudayaan yang adiluhung.
Apabila besi baja dan nikel ditempa menjadi satu, kemudian diproses dengan
suatu cairan zat asam arsenik/warangan, maka besi dan baja dalam proses kimia
itu menjadi hitam, sedang nikel pamor-nya tetap putih, sehingga nampak sebagai
garis-garis putih beraneka bentuk yang nampak kontras dengan besi dan baja
bilah senjata keris yang berwarna kehitaman. Hal inilah menyebabkan keris
nampak estetis, lebih menarik dan indah bernilai.
Bahan baku pembuatan keris yang sangat penting ialah
pamor. Pamor dipercaya pada mulanya adalah benda yang berasal dari angkasa,
yang jatuh di bumi ini. Benda semacam itu ada tiga jenis, yaitu: meteorit yang
mengandung besi dan nikel, siderit yang mengandung hanya besi saja, aerolit
yang berupa batu, tetapi sangat keras yang juga disebut batu pamor (watu
pamor). Ketiga-tiganya bisa digunakan untuk bahan pembuatan keris. B.P.H.
Sumodiningrat dalam buku Pamor-Keris (1983; 1) Namun apabila sudah menjadi
keris, baru bisa dibedakan karena warnanya berbeda-beda. Pamor meteorit pada
bilah keris warnanya putih atau putih keabu-abuan. Pamor siderit pada bilah
keris warnanya hitam, dinamakan pamor ireng atau pamor sanak. Pamor aerolit
pada bilah keris warnanya kuning keabu-abuan dan bercampur menjadi satu dengan
besi, sehingga hampir tidak bisa dibedakan dengan besinya. Pamor ini juga
disebut pamor jalada. Meteorit adalah bahan pamor yang terbaik, yang dihasilkan
dari pemurnian batu meteor. Pengertian meteor dengan meteorit sering rancu,
meteor adalah benda angkasa dalam tata surya yang sewaktu-waktu dapat jatuh di
permukaan bumi karena pengaruh gravitasi. Meteorit adalah hasil pemurnian atau
serpihan batu meteor yang jatuh tersebut. Selain sifat teknisnya yang unggul,
pamor meteorit juga dipilih karena alasan spiritual. Dikarenakan meteor jatuh
dari langit, benda itu dianggap anugerah oleh para dewa menurut kepercayaan masa
lalu. Sebagai simbol penyatuan antara Bapa Angkasa dengan Ibu Pertiwi.
J.E. Jasper dan Mas Pirngadie dalm buku De Inlandsche
Kunstnijverheid in Nederlandsch Indie (1930; 53), mengatakan, bahwa kebanyakan
keris yang terdapat di Indonesia memakai pamor luwu, yang kadar nikelnya
sedikit sekali. Pamor ini asalnya dari Kabupaten Luwu daerah pegunungan
Torongku dan Ussu di Sulawesi Utara. Pamor ini sejak jaman dahulu
diperdagangkan oleh pelaut suku Bugis ke Philipina, Malaka, Sumatera,
Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, Lombok dan seluruh pelosok Nusantara. Oleh
sebab itu, pamor tersebut dinamakan Pamor Bugis. Diterapkannya dan
terbentuknya, serta munculnya sifat-sifat pamor pada bilah keris disebut
Udawadana.
Pamor keris apabila sudah menetap pada bilah keris, dapat
dibagi dalam 2 jenis berdasarkan proses pembuatannya yang secara garis besar
dapat diterangkan sebagai berikut.
a. Pamor Jwalana ialah pamor yang terjadi dan terbentuk
dengan sendirinya karena suhu panas api ketika ditempa. Pamor jenis ini sering
disebut sebagai pamor tiban, seperti: pamor Jalada, pamor Hurab-hurab, pamor
Ngulit Semangka, pamor Mèga Mendhung, dan Iain-lain.
b. Pamor Anukarta ialah pamor yang sengaja dibuat,
dibentuk dan diatur oleh sang empu yang membuat keris. Dalam pengertian yang
lain, pamor seperti ini disebut sebagai pamor rekan yang dirancang oleh empu
pembuatnya seperti, seperti: pamor Ron Kendhuru, pamor Blarak Ngirit, pamor
Sekar Lampes, pamor Kenanga Ginubah, pamor Wiji Timun, pamor Udan Mas, pamor
Beras Wutah, pamor Untu Walang, dan lain-lain.
Berikut contoh berbagai pamor keris yang umum beredar:
*Referensi:
Unggul Sudrajat, Dony
Satriyo Wibowo. Keris: Materi Muatan Lokal Bidang Kebudayaan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014 hlm.
40-45.
- Dari berbagai sumber
Gak ada contoh pamor wahyu tumurun, Pak?
BalasHapusSaya banyak melihat keris akhir-akhir ini yang digambarkan memiliki pamor Wahyu Tumurun. Saya mengenal Wahyu Tumurun terutama sebagai motif batik yang [kalau tidak salah] dulu hanya dipakai oleh kalangan bangsawan. Belakangan ini, ketika siapa saja boleh memakai motif batik apa saja [kecuali di keraton], pemahaman saya, Wahyu Tumurun cocok dipakai di pemakaman. Saya menduga bahwa pamor Wahyu Tumurun adalah "subklasifikasi" [yang baru ditemukan] dari pamor Ngulit Semongko. Saya memiliki belasan buku keris yang diterbitkan antara tahun 1960-an dan akhir 1990-an-awal 2000-an, dan tidak ada pamor yang disebut Wahyu Tumurun di dalamnya. Buku keris terbitan terbaru yang saya miliki adalah Ensiklopedi Keris (Bambang Harsrinuksmo); Dia tidak menyinggung pamor Wahyu Tumurun. Ahli keris yang sangat berpengetahuan berhipotesis bahwa ini mungkin merupakan contoh seseorang yang ingin membuat dirinya tampak memiliki keahlian, dengan membedakan perbedaan pamor yang sebenarnya tidak ada. (Dan Wahyu Tumurun dapat dikatakan sugestif dari "kelas tinggi", "prestise", dan "martabat"). Itu hanya tipuan penjualan.
HapusPamor wahyu tumurun merupakan sebutan yogya untuk pamor benda segada. Bisa divek di buku keris jawa Pak Haryoguritno
Hapuspomor puser bumi belum ada.pamor ini berbeda dengan pamor kolbuntet.saya pernah melihat keris sepuh yang berpamor puser bumi milik tetangga.
BalasHapus