Total Tayangan Halaman

Handle Keris: Jejeran Nunggak Semi Surakarta

 Jejeran Keris

Salah satu pelengkap perabot sebilah keris adalah hulu keris yang disebut Jejeran. Salah satu koleksi kami di sini adalah jejeran gaya Surakarta yang berbentuk nunggak semi. Dalam bahasa Jawa, nunggak semi berarti bersemi, tumbuh dan berkembang, namun tetap berpangkal pada pokok atau batang utama. Filosofi luhur ini mengajarkan bahwa manusia senantiasa dituntut untuk selalu berkembang dan tumbuh, namun jangan sampai meninggalkan jati dirinya sendiri.

Gambar 1. Jejeran Surakarta kayu Tayuman
Hal ini sangat relevan seiring perkembangan dunia saat ini, arus globalisasi, westernisasi sedemikian merasuk dalam diri setiap insan manusia Indonesia. Dalam konteks budaya misalnya, banyak yang kemudian mengambil mentah-mentah budaya asing tersebut tanpa menyaringnya. Hal inilah yang perlu diperbaiki, budaya asing tentu saja sangat boleh kita ambil, namun jangan sampai menghilangkan jati diri kebudayaan kita sendiri.

 Gambar 2. Jejeran Surakarta kayu Setigi
Gambar 3. Jejeran Surakarta kayu Nogosari

Para pendahulu kita sudah jauh hari melihat gejala yang pasti akan terjadi seiring perkembangan jaman. Kontemplasi yang dilakukan melahirkan karya yang dipadukan dengan sebilah keris, Jejeran Keris. Inilah kearifan yang seyogianya terus kita lestarikan, kembangkan saat ini. 
Tertarik kan setelah mengetahui filosofinya? segera dapatkan koleksi kami ini:

Harga/Bahan: Kayu Tayuman: 750rb
                       Kayu Setigi: 750rb
                       Kayu Nogosari: 500rb.
Kondisi: Baru
Penggarapan: Detail dan halus
Telf/SMS: 081392611599

Motto: Kami memulai dengan filosofi dan mengakhirinya dengan seni. Salam budaya.

Komentar

Postingan Populer