Total Tayangan Halaman

Tombak Dhapur Kudhup Melati (termahar/sold)

Tentang Tombak

Apa yang menarik dari sebilah tombak? apakah tombak itu senjata tajam? begitulah pertanyaan yang sering saya dengar dari banyak khalayak saat memperlihatkan tombak ataupun keris di hadapan mereka. Tidak salah memang, jika melihat pada aspek fungsionalnya, tombak dapat digunakan sebagai senjata, baik untuk membela diri maupun untuk menyerang lawan. Namun di sisi lainnya, tombak merupakan lambang dan simbol dari kehidupan manusia itu sendiri. Guratan pamor yang terlukis di bilahnya merupakan pengharapan dari empu pembuat agar pemiliknya selalu mendapat keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Salah satunya diwujudkan dalam tombak dhapur Kudhup Melati berikut ini:

Dhapur Kudhup Melati

Dhapur di sini bukan dapur dalam pengertian tempat untuk memasak di rumah, namun penggunaan huruf H dalam kata Dhapur adalah pengertian dari tipologi bentuk tombak itu sendiri. Nah, model seperti ini dinamakan sebagai Kudhup Melati yang diharapkan agar pemiliknya selalu menebarkan keharuman (kebaikan) kepada sesama melalui kesucian hati. Melati menyimbolkan kesucian hati, kesucian diri yang membuat nyaman siapapun yang melihat dan mencium aromanya. Inilah harapan empu pembuatnya agar pemiliknya mampu terus menjadi melati bagi sesamanya.
Pamor Kulit Semangka

Pamor adalah guratan warna putih yang timbul pada permukaan bilah tombak, berbentuk seperti guratan pada kulit semangka. Sehingga pamor-pamor seperti ini dinamakan sebagai pamor kulit semangka. Filosofi dan harapan yang terkandung di dalamnya agar pemiliknya selalu dikaruniai rejeki yang melimpah dari Tuhan. Rejeki ini tentu saja dalam bentuk apa saja, tidak harus selalu dalam bentuk fulus atau uang melulu, namun rejeki dapat berupa kesehatan, kebahagiaan, keamanan, dll. Nah uang adalah salah satu dari kebahagiaan itu sendiri. 

Nah, bagaimana penjelasannya? tertarik untuk memiliki tombak ini?

Dhapur: Kudhup Melati
Pamor: Kulit Semangka
Tangguh/ Estimasi pembuatan: Mataram Senopaten
Landeyan/ Gagang Tombak: Kayu Timoho/ Timanga
Dudukan Tombak: Kayu Jati Tua 

Mahar/ Harga: Rp. 2.500.000
Telf/SMS: 081392611599

Motto: Kami memulainya dengan filosofi, dan mengakhirinya dengan seni. Salam budaya :)

Komentar

Postingan Populer