Total Tayangan Halaman

Keris Tilam Sari Kartasura (Termahar)

Sebagai salah stau kerajaan penting dalam pergulatan politik di tanah jawa, Mataram memiliki garis sejarah yang mampu mengubah tatanan politik di tanah jawa. Salah satu era yang cukup memainkan peranan penting dalam proses pengusaan tanah jawa oleh kerajaan Mataram diantaranya pada saat putra Sultan Agung, Amangkurat Agung berkuasa. Banyak kebijakan yang dikelurkan, baik berdampak positif maupun negatif bagi vassal di bawahnya. Kekuasaan yang diwarisi dari ayahnya menjadikan Amangkurat Agung cukup banyak memiliki kekuatan berupa laskar dan persenjataan yang dimilikinya. Salah satu pembeda keris sebagai senjata pusaka yang dibuat pada masa sultan agung degan era sebelum atau sesudahnya terletak pada bahan besi yang digunakan. Hubungan yang baik antara Amangkurat dengan belanda menjadikan belanda banyak memberikan kemudahan bagi amangkurat untuk mengimpor besi dari eropa dan juga india. Salah satu karakter besi India dapat kita lihat pada keris di bawah ini

Karakter besinya yang kuat, memberikan kesan bahwa keris pada masa tersebut digunakan selain sebagai senjata pusaka juga sebagai senjata tusuk yang harus mempunyai kekuatan yang dapat diandalkan pada saat keadaan genting. Berikut keterangan keris tersebut:

Dhapur: Tilam sari
Pamor: Pedaringan kebak
Tangguh: Mataram Kartasura
Warangka: Gayaman solo kagok bancih
Pendok: Kuningan motif naga garap halus
Falsafah: Agar pemiliknya dalam menjalani kehidupan ini selalu diberikan keikhlasan (semeleh) sehingga apa saja yang dilakukannya senantiasa mendapatkan kemudahan dariNya.
Harga: Rp. 4.000.000

Apabila tertarik memiliki koleksi ini silahkan hubungi Galeri Omah Nara
Telf/SMS/WA: 081392611599
Pin BB: 7F858D50

Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer