Total Tayangan Halaman

LAMBANG CAKRA DALAM HIASAN KERIS


Cakra merupakan senjata andalan Batara Wisnu, dan juga dimiliki para titisannya, termasuk Prabu Kresna, raja Dwarawati. Dalam pewayangan, Cakra digambarkan berbentuk roda dengan gigi-gigi yang menyerupai mata tombak. Pada Wayang Kulit Purwa dan Wayang Orang, Cakra digambarkan sebagai mata panah. Sedangkan dalan penggambarannya di beberapa dinding candi, Cakra dilukiskan berbentuk semacam cakram yang tepinya bergerigi.

Titik singgung antara dunia pewayangan dan perkerisan sangat kental dan erat berkait satu dan lainnya. Semisal keris Cengkrong Pandawa ini yg menggunakan hiasan warangka yg acap disebut sunggingan dg menggunakan Cakra sebagai motifnya. Entah apa maksud pemilik sebelumnya dg memberikan lambang ini, namun hal ini mengingatkan saya akan kisah perang Baratayudha.

Pada waktu pecah perang antara Pandawa dan Kurawa pada hari ke 13, Abimanyu, anak Arjuna dibunuh dg curang dengan dikepung oleh Kurawa dan diserang bersamaan. Pandawa yg akan menyelamatkan Abimanyu dihalangi oleh Jayadrata, Raja Sindhu yg berpihak kepada Kurawa. Akhirnya Abimanyu gugur di medan perang. Arjuna lalu bersumpah akan membunuh Jayadrata sebelum tenggelam matahari hari 14, jika tidak maka ia akan bunuh diri.
Setelah mendengar sumpahnya itu, Kurawa segera menyembunyikan Jayadrata, dengan harapan, jika Jayadrata berhasil selamat hari itu, tentu Arjuna akan bunuh diri.

Tak ingin ksatrianya kalah, Prabu Kresna menggunakan senjata cakranya untuk menghalangi sinar matahari. Karena Cakra menghalangi matahari, suasana di bumi saat itu tampak seperti senja hari. Jayadrata yang merasa dirinya aman karena mengira batas waktu telah lewat, segera keluar dari dari persembunyiannya. Begitu Jayadrata terlihat, Cakra yg menutupi matahari ditarik kembali oleh Prabu Kresna sehingga matahari bersinar kembali. Arjuna yg melihat hal tersebut lantas segera melepaskan panahnya, mengenai leher Jayadrata dan mengakhiri hidup Raja Sindhu itu. Akhirnya tuntaslah janji dan pembalasan Arjuna atas kematian anaknya...
#keris #cakra #wisnu #kresna #mahabrata

Komentar

Postingan Populer