Total Tayangan Halaman

Makna FIlosofi Greneng pada Keris



GRENENG sebagai bagian dari ricikan/ detail bagian keris sering diidentikkan dg huruf jawa "dha". Bila dilihat, bentuknya mirip dg huruf jawa tersebut. Kebanyakan dalam keris yang menggunakan greneng, dha tersebut ada dua, sehingga dibaca "dha-dha". Kita lantas memaknainya sebagai lambang dari dada manusia.
Saat kita melihat greneng keris, kita diingatkan pada makna luhur berikut ini; dada yang lapang, jiwa yang besar dan sabar semoga senantiasa ada pada diri kita setiap saat. Bukan soal mudah menghadirkannya dalam keseharian. Maka untuk itulah nasihat soal kesabaran, lapang dada dan penerimaan akan ketentuanNya menjadi harapan yang disematkan dalam bentuk greneng pada sebilah keris.
Di dalam islampun juga diperintahkan, agar sholat dan sabar dijadikan manusia sebagai penolong dari setiap persoalan kehidupan. Dada yg jembar, luas, disertai kesabaran akan menjadikan kita dapat menerima setiap persoalan hidup dg tenang. Kiranya itulah perintah agama yg mudah diucapkan, disampaikan, tp seringkali sulit dilakukan. Prakteknya ada saat ujian kehidupan itu datang.


#Keris #TosanAji #WesiAji #PusakaKeraton #pusoko #PusakaJawa #Pusaka #KerisIndonesia #Budaya #budayajawa #GaleriOmahNara #OmahNara #KerisPusaka #PBX #PakubuwònoX #pakubuwono #solohits #jawahits #filosofijawa

Komentar

Postingan Populer