Total Tayangan Halaman

Keris Tayuhan dan Keris Ageman

Keris Tayuhan dan Keris Ageman dalam budaya perkerisan jaman sekarang dikenal adanya dua jenis keris, yaitu keris tayuhan dan keris ageman. Pengertian umum tentang keris tayuhan dan keris ageman adalah sebagai berikut : 
  1. Keris tayuhan adalah jenis keris yang dalam pembuatannya lebih dikedepankan sisi isoteri keris (kegaiban suatu keris) dan sangat diharapkan tuahnya. Bentuk fisiknya tidak selalu bagus / indah dipandang dan tidak selalu memiliki atau dipasangi aksesories yang memperindah bentuknya. Jenis keris ini tidak diutamakan keindahannya, tetapi lebih diutamakan sisi kegaibannya. 
  2. Keris ageman adalah jenis keris yang dalam pembuatannya lebih dikedepankan sisi keindahan bentuknya (tampak luar suatu keris / eksoteri). Jenis keris ageman biasanya memiliki atau dipasangi aksesories untuk memperindah penampilan fisiknya. Walaupun tuahnya juga diharapkan, jenis keris ageman lebih diutamakan keindahan penampilannya. Orang yang menyimpan keris untuk pribadinya sendiri, biasanya lebih mengutamakan jenis keris tayuhan, yaitu jenis keris yang diharapkan tuahnya / kegaibannya. Keris semacam ini biasanya mempunyai kesan wingit, angker, memancarkan perbawa, dan ada kalanya menakutkan. Walaupun segi keindahan tidak dinomor-satukan, namun keris itu tetap indah karena pembuatnya adalah seorang empu.  
Di kalangan peminat dan pecinta keris, keris tayuhan bukanlah keris yang mudah untuk diperlihatkannya kepada orang lain, apalagi dengan tujuan untuk dipamerkan. Keris tayuhan biasanya disimpan dalam kamar pribadi dan hanya dibawa keluar kamar jika akan dibersihkan atau diwarangi. Namun kolektor keris yang mengerti seluk-beluk perkerisan, biasanya memiliki ke 2 macam jenis keris itu, yaitu keris jenis tayuhan dan keris jenis ageman. Biasanya keris jenis tayuhan menjadi simpanan pribadinya dan tidak (jarang sekali) ditunjukkan kepada orang lain. Sedangkan yang jenis keris ageman boleh dipamerkan kepada orang lain, bahkan mungkin akan dipindahtangankannya jika "mas kawin" - nya sesuai.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer